Kamis, 02 Januari 2014

Diare Pada Anak



Mengatasi Diare pada Anak-Anak

Suatu kejadian yang menyedihkan saat menghadapi anak kita mengalami gangguan diare. Berikut manfaat bawang putih sebagai tanaman obat dan juga khasiat jahe yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi diare pada anak.
 
Anak menderita diare
Resep pertama menggunakan Sebuah bawang putih. Pembuatan ramuan adalah: Bawang putih yang sudah hangus dengan efek terapeutisnya diawetkan di rendam di dalam air yang sudah matang. Ekstrak bawang putih itu diminum beberapa kali sehari. Penjelasan dari cara ini khususnya berguna untuk mengobati diare kronis pada anak-anak.

Resep kedua menggunakan Jahe segar digoreng dengan garam 6 gram, ditambah kurma merah 6gr dan gula merah 6 gram.
Pembuatan Ramuan:Jahe dan kurma direhus dalam air selama lima puluh menit dan kemudian direbus terus sebentar setelah ditambahkan gula merah. Air rebusan ini diminum pagi dan malam. Penjelasannya untuk Resep ini digunakan untuk mengobati diare pada anak-anak.

Resep ketiga terdiri dari Tangkai bawang hijau 12 gram, jahe segar 6g, aiye (Daun MugWort) 20gram dan akar kaktus 30 gram.
Buatlah Ramuan dengan: Bahan-bahan ini ditumbuk dan dicampur dengan putih telur untuk dijadikan pasta yang dilumurkan pada daerah pusar. Cara ini digunakan untuk mengobati diare pada anak-anak yang disebabkan oleh patogen eksternal.

Resep keempat: menggunakan jahe secukupnya. Pembuatan ramuan: Jahe yang sudah hangus ditumbuk untuk dijadikan bubuk yang dimakan bersama bubur beras yang encer.
Penjelasan: Ramuan ini digunakan untuk mengobati diare yang disertai kotoran berdarah yang disebabkan enteritis pada anak-anak.


Mengatasi Gangguan Pencernaan pada Anak-Anak

Resep 1: Jahe segar 1 gram, banxia (Ternate Pinellia) 6 gram, dan fuling (Poria) 4,5 gram. Pembuatan ramuan yaitu: Air rebusan bahan-bahan itu diminum 3 kali.
Penjelasan: Resep ini digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan pada bayi yang kotorannya kebiru-biruan dan menderita regurgitasi (memuntahkan kembali) susu.

Resep 2: Tangkai bawang hijau dan lobak putih Cina. Cara membuat ramuan dari tanaman obat: Kedua jenis sayuran ini dicuci bersih-bersih, dipotong kecil-kecil, dan ditumbuk untuk memperoleh sarinya untuk diminum.
Penjelasan: Sari ini bisa meningkatkan pencernaan, menghilangkan stagnasi makanan, dan membawa gas ke bawah untuk mengobati gangguan pencernaan dan stagnasi makanan pada anak-anak.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak

Resep: Tiga tangkai bawang hijau dan madu secukupnya. 
Cara pembuatan ramuan: Pasta bawang hijau dicampur dengan madu untuk dipoleskan pada pusar. Ujung yang tebal dari bawang hijau dimasukkan ke dalam dubur setelah dicelupkan ke dalam madu untuk merangsang keluarnya kotoran.
Penjelasan: Cara ini bisa menghasilkan efek yang baik dalam mengobati sembelit pada anak-anak.
Sumber: Terapi Jahe & Bawang Putih (Wang Fuchun Duan Yuhua & Eddy Soetrisno)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar