Senin, 06 Januari 2014

Obat Batuk Alami



Resep Obat Batuk Alami

Resep 1: Sepotong bawang hijau dan sebutir telur bebek. Ramuan : Bawang hijau yang dicincang dan telur bebek yang segar dicampur dalam mangkok berisikan air yang sudah direbus. 

Setelah memakan sop panas itu, sang pasien harus berbaring di tempat tidur dengan menggunakan selimut tebal dan batuk itu mungkin lenyap setelah tidur sebentar.
Penjelasan: Ini adalah cara yang digunakan untuk mengobati batuk-batuk pada pasien yang terserang pilek ringan.

Resep 2: Setengah sendok sari jahe dan sesendok gula barley (malt). Cara pembuatan ramuan: Sari jahe dan gula malt dicampur dengan air yang sudah mendidih untuk dimakan 2-3 kali sehari.
Penjelasan: resep ini adalah sebagai obat batuk tradisional yang murah untuk obat batuk kronis pada orang-orang yang sudah berusia lanjut.

Resep 3: Jahe segar 10g, mostar daun segar 80 gram, dan sedikit garam. Pembuatan ramuan: Setelah dicuci bersih-bersih, mostar daun dipotong kecil-kecil dan jahenya diiris-iris. Keduanya kemudian direbus dalam air sebanyak empat mangkok sampai menjadi dua mangkok ramuan rebus, lalu masukkan garam.

Satu mangkok sekali minum, dua kali sehari. Hasil terapeutis yang baik akan diperoleh setelah perawatan selama tiga hari.
Penjelasan: Resep ini digunakan untuk mengobati batuk, sakit kepala dan pegal-pegal pada kaki-kaki dan tangan-tangan yang disebabkan oleh angin dan patogen dingin.

Resep 4: Bahan dari tanaman obat berupa enam potong tangkai bawang hijau, Jahe segar 15 gr dan sebuah Iobak. Pembuatan ramuan: Lobak direbus sampai matang dalam tiga mangkok air dan kemudian direbus terus setelah tangkai bawang hijau dan jahe ditambahkan, sampai diperoleh satu mangkok sup untuk dimakan bersama isi-isinya (tangkai bawang hijau, jahe dan lobak).



Penjelasan: Ramuan ini dapat meningkatkan ventilasi paru-paru, menghilangkan sindrom luar, menghilangkan dahak, dan mengendalikan batuk untuk mengobati pasien-pasien yang batuk-batuk, dahak yang berbusa-busa, kedinginan, keletihan dan pegal-pegal serta sakit-sakit pada tubuhnya.

resep obat batuk
Resep 5: Jahe segar 15 gram, kurma 30g, dan gula merah 30 gr. Pembuatan ramuan: Ketiga bahan itu direbus dalam tiga mangkok air dan air rebusannya itu diminum untuk mengeluarkan keringat. Penjelasan: Cara ini bisa mengusir angin dan patogen dingin apabila merawat pasien yang menderita pilek ringan termasuk batuk, kedinginan, rasa sakit yang menusuk-nusuk di perut, dan diare postpartum yang disebabkan serangan patogen dingin dan hiperemesis hamil.

Resep 6: ramuan tanaman obat Jahe segar tiga iris, sebuah lobak, lima butir lada putih, dan sepotong chenpi (kulit jeruk kepruk yang dikeringkan).
Pembuatan ramuan: Bahan-bahan itu direbus dalam air selama beberapa menit. Dimakan dua kali sehari. Penjelasan: Cara ini dapat digunakan untuk menahan qi yang tidak baik yang naik dan menangani dahak untuk mengobati batuk-batuk yang disertai dahak yang melimpah (batuk berdahak).

Resep  7: Jahe segar secukupnya, gula pasir 50 gr dan sebutir telur. Ramuan: Larutan gula yang direbus setengah mangkok dicampur dengan telur yang telah dikocok dan sari jahe untuk sekali minum, dua kali sehari.
Penjelasannya: Cara ini dapat digunakan untuk mengobati batuk kronis yang disebabkan kurangnya esensi di dalam tubuh.

Resep 8: Jahe segar 5 gr, gula merah 10 gr dan walnut (semacam kenari) 10 gram. Ramuan: Gula dicairkan dalam pencedok sop dari logam di atas api yang kecil dan kemudian di panggang dengan jahe dan Walnut sampai warnanya menjadi coklat tua.

Ramuan panggang itu dimakan 1-2 kali sehari selama beberapa hari setelah jahe disingkirkan. Penjelasan: Cara ini bisa digunakan untuk mengobati batuk yang disebabkan serangan angjn dan patogen-patogen dingin, karena jahe segar bisa mengusir dingin dan patogen-patogen dingin.

Resep 9: Sari Jahe Segar,sari buah pér, dan sari lobak putih masing-masing 30gr. Pembuatan ramuan: Putih telur dikocok merata dengan campuran sari jahe segar untuk kemudian diminum.
Penjelasan: Cara ini digunakan sebagai obat batuk kronis.

Resep 10: Bawang putih 500 gr dan gula pasir secukupnya. Pembuatan ramuan: Tumbuk bawang putih sampai menjadi pasta. Dua sendok pasta bawang putih dicampur dengan gula diminum dengan air panas dua kali sehari.
Penjelasan: Cara ini digunakan untuk mengobati batuk yang disebabkan serangan angin dan patogen dingin.
Sumber: Terapi Jahe & Bawang Putih (Wang Fuchun Duan Yuhua & Eddy Soetrisno)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar