Sabtu, 04 Januari 2014

Mual Dan Muntah Pada Ibu Hamil



Muntah- Muntah Kehamilan

Berikutnya adalah manfaat tanaman obat jahe segar dalam membantu pengobatan mual dan muntah pada ibuhamil.
Resep 1: Sesendok sari jahe segar dan secangkir sari tebu. Cara pembuatan Ramuan: Campuran panas dan kedua sari ini diminum.
Penjelasannya adalah sebagai berikut: Sari campuran ini bisa memperbaiki fungsi perut, membawa qi ke bawah, dan mengendalikan muntah dalam pengobatan mumah-muntah kehamilan dan kesulitan menelan.

manfaat jahe untuk kehamilan
Resep 2: Jahe  segar 200 gr, Iokio (semacam bawang putih) Cina 200 gr, dan gula. Pembuatan Ramuan: Lokio dan jahe dipotong kecil-kecil dan ditumbuk untuk jadikan sari yang diminum setelah mencampurnya dengan gula.
Penjelasan ramuan ini: Sari jahe segar bisa menghangatkan limpa dan perut, menghentikan muntah-muntah, meningkatkan sirkulasi qi, dan menyesuaikan fungsi-fungsi limpah dan perut dalam mengobati muntah-muntah, rasa mual, dan nafsu makan buruk setelah kehamilan.

Resep 3: Jahe segar 15 gr, biji Iobak 15gram, dan kulit shaddock (pomelo=buah mirip anggur) 15g.
Ramuan: Bahan-bahan ini direbus dalam semangkok air hingga diperoleh setengah mangkok air ramuan untuk diminum. Penjelasan: Resep herbal ini bisa menghangatkan limpa dan perut dan  menghentikan muntah-muntah selama masa hamil.

Resep 4: Jahe segar 5 g dan Fulonggan (Tanah Kuning yang Dipanaskan) 30 g.
Cara pembuatan Ramuan: Air rebusan bahan-bahan ini diminum. Penjelasan: Muntah-muntah secara terus menerus di waktu kehamilan dengan disertai rasa mual, pusing-pusing, anoreksia yang disebabkan oleh kerusakan fungsi pengangkutan perut dan naiknya qi di dalam meridian Chong (vital).

Resep 5: Jahe segar 12g, fuling (Poria Coccus) 12g, dan banxia (Ternate Pinellia) 6gr. Ramuan: Air rebusan bahan-bahan ini diminum. Penjelasan: Campuran ini bisa menghentikan rasa mual dan muntah-muntah pada tahap dini dari kehamilan.

Resep  6:Jahe segar 30 gr dan gula 30 gr. Ramuan: Air rebusan bahan-bahan ini diminum. Penjelasan: Campuran ini menghasilkan efek yang baik untuk menghentikan muntah-muntah di kala hamil jika diminum terus menerus seharian.

Resep 7: Jahe segar 9 gr dan kulit shaddock (pomela) 18 gr. Ramuan: Irisan jahe dan kulit shaddock direbus dalam secangkir air untuk memperoleh setengah cangkir air ramuan yang diminum setelah didinginkan dan ampasnya dibuang.

Penjelasan: Manfaat Jahe pada ramuan herbal ini bisa mengendalikan muntah-muntah dan shaddock bisa mencegah naiknya qi dalam mengobati muntah-muntah kehamilan. Air ramuan ini harus diminum secara sedang-sedang karena sifatnya yang bisa menimbulkan iritasi.

Sumber: Terapi Jahe & Bawang Putih (Wang Fuchun Duan Yuhua & Eddy Soetrisno)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar