Jumat, 27 Desember 2013

Obat Sakit Gigi Tradisional



Beberapa ini di uraikan khasiat jahe segar, bawang hijau, bawang putih, dan tanaman peramu obat lainnya untuk mengobati Sakit Gigi.

Resep 1: Satu tangkai bawang hijau dan tawas 15g.

Ramuan: Pasta bahan-bahan ini ditempelkan pada gigi yang sakit dan diganti setiap 5 jam.
Penjelasan: Sakit gigi merupakan gejala dari berbagai penyakit gigi atau periodontitis. Cara ini bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi yang disebabkan oleh banyak hal, seperti kebanyakan api, kekurangan api, atau karies.

Resep 2: Dua siung bawang putih ranum yang besar dan calomelas (semacam obat pencahar) sebanyak 5 gram.
Ramuan: Bahan-hahan ini ditumbuk untuk dilumurkan pada Akupoin Jingqu (LU8) dan ditutup dengan sebuah kulit kerang kecil atau bahan lain.
Pasta ini dibuang apabila terdeteksi adanya iritasi dan kulit dibawah pasta itu melepuh. Rasa sakit itu bisa dihilangkan setelah yang melepuh itu ditusuk dan cairan kuning di dalamnya mengalir keluar.
Penjelasan:  Akupoin jingqu terletak di ujung yang dekat dengan ibu jari dan dalam lekukan yang kecil antara proses stiloid radius dan arteri (nadi) radial.

Resep 3: Jahe segar 6g, bawang putih 6g, daun-daun teh 12g, dan wellingxian (Akar Clematis) 12 gram.
Ramuan: Bahan-bahan ditumbuk dan dicampur dengan minyak wijan dan putih telur untuk dijadikan pasta yang dilumurkan pada akupoin-akupoin Hegu (L1 4) dan Yongquan(K1 1).
Penjelasan: Ini adalah cara untuk membuat obat sakit gigi tradisional yang disebabkan oleh defisiensi yin ginjal dan membesarnya api yang kecil.

Resep 4: Dua atau tiga buah bawang putih bersiung tunggal

Ramuan: Bawang putih yang sudah dikupas ini dipanggang di atas tungku dan siung-siung bawang putih yang panas itu dibelah untuk diletakkan di daerah yang sakit. Bawang putih itu boleh diganti beberapa kali setelah ia menjadi dingin.
Penjelasan: Cara ini bisa membunuh bakteri dan menghilangkan keracunan dalam mengobati sakit gigi.

Resep 5:  Jahe segar 100gr dan labu handuk 500 gram.

Ramuan: Labu handuk segar dipotong menjadi kubus-kubus kecil dan jahe segar diiris-iris dan keduanya direbus dalam air selama lebih dari 3 jam untuk diminum, dua kali sehari.
Penjelasan: Cara ini bisa menghilangkan panas, meredakan keracunan, menyembuhkan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit gigi, untuk mengobati pembengkakan dan rasa pada gusi sakit, kekeringan pada mulut dan hidung dan pendarahan hidung.

Periodontitis

Resep: Jahe kering 6 gram,  kurma merah yang hangus (yang efek terapeutisnya diawetkan) 6 g, dan tawas kering 6 gr.
Ramuan: Bubuk bahan-bahan ini dilumurkan pada lesi tersebut.
Penjelasan: Cara ini digunakan untuk mengobati periodintitis, suatu penyakit kronis ringan pada serat-serat di sekeliling gigi, yang lebih sering terjadi pada pasien-pasien setengah baya dan sudah tua.

Sumber: Terapi Jahe & Bawang Putih  (Wang Fuchun Duan Yuhua & Eddy Soetrisno)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar