Selasa, 24 Desember 2013

Obat Batuk Tradisional: Batuk Rejan dan Batuk Kronis pada Anak-anak



Batuk Rejan

Bawang Putih bisa juga digunakan sebagai obat batuk tradisional untuk mengobati batuk rejan. Efek terapis dari ekstrak bawang putih 10-20 persen cukup memuaskan dalam pengobatan batuk rejan dan batuk rejan yang disertai radang paru. Di antara 100 kasus batuk rejan yang dirawat dengan alisin, 54 kasus berhasil disembuhkan.

Resep 1: Bawang putih 60 g dan gula secukupnya.

Ramuan: Bawang putih yang sudah dikupas dipotong kecil-kecil dan direndam dalam air yang sudah matang selama sepuluh jam. Ekstraknya diminum dengan sedikit gula setiap 2 jam dengan dosis 15 ml untuk pasien yang berusia di atas 5 tahun, dan setengahnya untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun.
Penjelasan: Cara ini dapat mengendalikan batuk dan memperlancar keluamya dahak untuk mengobati batuk rejan pada anak-anak. Pada waktu terjadinya wabah batuk rejan, ekstrak bawang putih tersebut bisa digunakan untuk mencegah infeksi dari penyakit ini.

Resep 2: Daun bawang hijau, kembang tahu, dan gula pasir.

Ramuan: Gula pasir dimasukkan ke dalam daun bawang hijau yang seperti pipa itu, yang kemudian dimasukkan ke dalam kembang tahu dan dikukus sampai gulanya cair.
Bawang hijau yang dikukus dengan sari gula dimakan dua kali sehari, 3 helai daun untuk bayi berusia di bawah 2 tahun, dan 5-7 helai daun pada anak-anak di atas 2 tahun. Beimu (Fritillary) 3-6 g boleh ditambahkan kepada ramuan untuk pasien-pasien yang mengidap batuk spastik (mengejang).
Penjelasan: Ramuan ini bisa mengendalikan batuk dan asma dalam mengobati batuk rejan. 

Resep 3: Satu buah (umbi) bawang putih berkulit ungu dan satu jeruk kering

Ramuan: Bahan-bahan ini direbus dalam satu mangkok air untuk diminum, 2-3 kali sehari, setelah ampasnya dibuang dan ditambah madu.

Penjelasan: Ini adalah cara yang berguna untuk mengobati batuk rejan pada anak-anak. Selain itu, sebelum tidur pasta itu dilumurkan pada kain hingga setebal 1 mm dan ditempelkan pada telapak-telapak kaki yang dipoles selapis vaselin sebagai pelindung. Pasta bawang putih di telapak kaki ditutupi dengan sepotong selaput plastik, dan kemudian anak itu dipakaikan kaos kaki agar plastik itu tidak lari;
Pasta itu dibersihkan pagi berikutnya, jika pasta bawang putih itu tidak menimbulkan rasa sakit, lanjutkan pengobatan ini selama 3-5 hari, atau dua hari sekali.
Resep ini bisa digunakan untuk mengobali batuk malam yang disebahkan penyakit-penyakit lain.

Batuk Kronis pada Anak - Anak

 

Resep: Bawang putih 20g dan madu 15g

Ramuan: Pasta bawang putih direndam di dalam secangkir air dan direbus selama lebih dari satu jam untuk diminum setelah dicampur dengan madu.
Penjelasan: Resep ini bisa menghilaugkan panas, melembabkan paru-paru, membunuh bakteri, dan mengendalikan peradangan dalam mengobati anak-anak yang batuknya tidak terkendali dan yang menderita insonmia.

Khasiat Jahe untuk mengobati batuk

Tanaman obat Jahe Segar bisa digunakan dengan mahuang (Herba Ephedra), xixin (Jahe liar) dan wuweizi (Magnoliviane Cina) untuk merawat masuk angin di tubuh dan punggung, batuk dan asma dengan dahak tipis yang melimpah yang disebabkan akumulasi cairan dingin di dalam paru-paru.
Sedangkan Jahe Kering bisa digunakan dengan mahuang (Herba Ephedra), xixin (Jahe liar) dan wuweizi (Magnoliviane Cina) untuk merawat masuk angin di tubuh dan punggung, batuk dan asma dengan dahak tipis yang melimpah yang disebabkan akumulasi cairan dingin di dalam paru-paru.

Sumber: Terapi Jahe & Bawang Putih (Wang Fuchun Duan Yuhua & Eddy Soetrisno)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar